Kamis, 26 Mei 2011

Sistem Sirkulasi




Peta Konsep Sistem Sirkulasi

Sistem sirkulasi adalah suatu sistem organ yang berfungsi memindahkan zat ke dan dari sel.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjSre7S15bb_ZPd-fjCyC-51FYYlKg8jGxLcBI3GEb_zrj317waVdDsIRxK0e6MSpsUGUO4OymOYnfxBne9drsRF7zIsjlcBp1cwgJye0agxhpeiEoxpHNfY1fft-5CAxnOvP3oY3zxrRD2/s1600/sistem+sirkulasi.jpg

http://en.wikipedia.org/wiki/File:Circulatory_System_en.svg

SIstem sirkulasi pada manusia berupa :
1.     Sistem peredaran darah
2.     Sistem limfatik (peredaran getah bening)

Sistem Peredaran Darah:
Sistem peredaran darah pada manusia berupa sistem peredaran darah tertutup dan peredaran darah ganda.

Fungsi:

·         Mensuplai O­2 dan sari makanan ke seluruh jaringan tubuh

·         Membawa gas sisa (CO2) ke paru-paru

·         Mengembalikan sisa metabolism ke ginjal untuk disekresikan

·        Menjaga suhu tubuh

·        Mendistribusikan hormon-hormon untuk mengatur fungsi sel-sel tubuh.

Darah

Darah merupakan unit fungsional seluler pada manusia yang berperan untuk membantu proses fisiologis.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhT_Dc_Z3q4fRDQ2HED_Xpu4xxJZMMvmuwDpkr5nIhtdN7X4MAnqG0XQyQ3mPh1OXasbOXvZ-uvD5-pQbNo0injtA2ufZ6_nbMlK_vdkfw91sqaJNmR096B2chRHDJAjXfBlPpNlYq4jTun/s1600/b.jpghttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEggsVVNXdDc_IyPXldRudbzdOyUezA6rCf0eRXg-QkmDbNPI-66M7Wt1M_cpSVOVS94Ajxk_Hm8p4pjuopcYrsOZD7W0111FXXcurGgpKTyp-h_29ML9R9KcScAnpq28DvopIET9ftltOqr/s1600/a.jpg


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEik-RNMKNM7zTYdnC4Oz0n-0y5MMYKDLRiYkhiLtXIe9Mo5qlrfe8UOmZNq_xHbZpp_6i_2XsBhHSFwCehkudzjJ3RLYXLiKuO3fAa44Rzihd6yPW3hv8Iq3wUP94TQx_P_sjwgdLAEF7zX/s1600/d.jpg


http://www.teenperspectives.com/giving-blood/

Fungsi Darah :

· Mengangkut zat makanan & oksigen ke seluruh tubuh dan mengankut sisa-sisa metabolism ke organ yang berfungsi untuk pembuangan

· Mempertahankan tubuh dari serangan bibit penyakit

· Mengedarkan hormon-hormon untuk membantu proses fisiologis

· Menjaga stabilitas suhu tubuh

· Menjaga kesetimbangan asam basa jaringan tubuh untuk menghindari kerusakan.

Volume yang beredar di dalam tubuh manusia 8% dari berat badan. Darah terdiri dari 55% plasma darah & 45% sel-sel darah.

Plasma darah

Plasma darah adalah bagian darah yang cair yang tersusun dari 91% air & 8,5% zat-zat terlarut. Plasma darah berperan dalam proses pembekuan darah (fibrinogen) dan melemahkan penyebab penyakit (antibody) dengan cara aglutinasi, presipitasi, netralisasi, dan lisis.

Sel-sel darah

Dibagi menjadi 3 kelompok:

· Eritrosit (sel darah merah)

mengandung hemoglobin yang memberi warna merah pada darah dengan fungsi utama menangkut O2 dari paru-paru membentuk osihemoglobin.

· Leukosit (sel darah putih)

Berperan melawan penyakit yang masuk ke dalam tubuh (antibodi)

· Trombosit (sel darah pembeku atau keping darah)

Berperan dalam proses pembukan darah

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg_22XBmtzzpM2Dn56nUPg9CBguihpAqCuQmcrOjTKTSFCdeXd-gLHEKiiGKvYatkWucZIJ2TK2HOASpKofD3rZgIm23fN_dlcIlnzEXA1on6_s8gZcS_6FnOm-gmXYILz6Rvle4_xQxFDy/s1600/c.jpg


Golongan Darah dan Transfusi Darah

Golongan dadrah dikelompokkan menjadi golongan darah A, B, AB, & O.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhktQdycZPbHBL3pDpv04cY1NR2iY2FnZkDw4d78Yvztmm21NT7B2215jGFkkx5PZh0k1q7Z-DoWARcfBSvoge3h6Da39gn7WGMmazIXM0Ng666CYurQ9acpGMwYxevEIefscMp63rptb3a/s1600/e.jpghttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj_MEiQxd_pagftdx5wOKk-ApNLtFckOnvg4g5snxdO2hGrAb-dlhToNWf6nSeMoUEC08hRewJaf4JQDLXSNBM88zSCNxIxUpFAe5IhWCR4-3YeU7qiDfyWc6VdPB4lSYJrSCoi1s0rzBLc/s1600/f.jpg


Membran eritrosit mengandung 2 antigen, yaitu tipe A & B yang disebut aglutinogen. Sedangkan Aglutinin adalah antibody plasma yang menyebabkan penggumpalan aglutinogen.

Transfusi darah adalah pemberian darah seseorang kepada orang lain. Pemberi darah = donor, penerima darah = resepien.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj0gEO-aBGmk4Z95-i3c5pZlpW3x68eSfTBmS8NyVcSWNtsr7qZqtQJaQ5Egg_ngvJ6OQ_npZD3JmIcJXAofSROzS9ifCXWkkBtamHyLwKHhuFkCc1h5byLmnfUsTWM0pHr5vBG5DafpKDl/s1600/g.jpg

Golongan darah AB merupakan resepien universal, sedangkan golongan O merupakan donor universal

Alat-Alat Peredaran Darah

Jantung

Jantung terletak di pusat rongga dada & terdiri dari lapisan endokardium (selaput pembatas ruangan jantung, miokardium (otot jantung yang tersusun dari berkas-berkas otot), dan perikardium (selaput pembungkus jantung).

Jantung merupakan alat pemompa darah yang terdiri dari jantung kanan (menuju paru-paru) & jantung kiri (menujiu arteri, vena, & kapiler).

Pembuluh Darah

Berdasarkan fungsinya, pembuluh darah dibedakan menjadi 3:

arteri
vena
kapiler
dinding
tebal, kuat, & elastis
tipis & tidak elastis
sangat tipis
endotelium 
ada
ada
selapis
otot polos
ada
ada
tidak ada
fungsi
mengalirkan darah dari jantung ke jaringan
mengalirkan darah dari kapiler ke jantung
tempat pertukaran O2 dari darah dengan CO2 dari jaringan



Peredaran Darah

1.     Peredaran Darah Besar (pulmonalis):

Atrium kiri > katup bikuspidalis > ventrikel kiri > aorta > arteri > arteriol > kapiler > vena kava > atrium kanan

Atau

Jantung (ventrikel kiri) > seluruh jaringan tubuh > jantung (atrium kanan)

2.     Peredaran Darah Kecil (sistemik):

Darah (CO2) di atrium kanan > katup trikuspidalis > ventrikel kanan > arteri pulmonalis paru-paru > darah (O2) di vena pulmonalis > atrium kiri

Atau

Jantung (ventrikel kanan) > paru-paru > jantung (trium kiri)

Sistem Limfatik

Sistem Limfatik adalah sistem tubuh yang berperan utama untuk memnghasilkan imunitas (kekebalan tubuh).
Fungsinya:

· Mengalirkan cairan interstitial

· Mentranspor lemak dari makanan

· Memfasilitasi reaksi imun

Sistem limfatik tersusun dari cairan limfe yang mengalir di dalam pembuluh limfatik, dan sumsum tulang merah.

Sistem peredaran limfe
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgf6IyqauZehpMz5c5KDaybp1AIAMdjJVZXlSfsAAL8UUKVllF1Ann6lmAsl390NycBvPFs0IKVlOiWpZBh1GuLc5r7d2v7X-ohGLuHklfG-QjYPiulxOpng9QT7mZFsb7c095dRGmqTHbI/s1600/h.jpg
www.healingdaily.com

Kelainan dan Penyakit pada Sistem Sirkulasi Manusia

· Anemia > kekurangan eritrosit.

· Anemia Sel Bulan Sabit > sel-selnya mengandung hemoglobin abnormal (hemoglobin S)

· Talasemia > tipe anemia herediter

· Hemofilia > penyakit keturunan dengan gejala perdarahan yang sulit dihentikan

· Leukimia > produksi leukosit ganas

· Penyakit Jantung Kororner > penyakit jantung karena gangguan aliran darah pada pembuluh darah koroner

· Hipertensi > tekanan darah tinggi

Sistem Sirkulasi Vertebrata

Sistem peredaran darah
jml ruang pd jantung
Ikan
tunggal & tertutup
2
Katak
ganda & tertutup
3
Reptil
ganda & tertutup
4
Burung
ganda & tertutup
4


6 komentar:

allaboutbio mengatakan...

Cinvy:
Menurut saya,pembelajaran sistem sirkulasi atau peredaran darah dalam tubuh manusia ini sangat baik karena membuat saya mengerti bagaimana kerja jantung dan juga mengerti dimana penyakit-penyakit dapat terjadi. Misalnya jantung koroner yang disebabkan oleh penyumbatan pada pembuluh darah sehingga aliran darah dapat tersumbat dan menyebabkan kematian.

Pembelajaran ini juga membuat saya tahu lebih dalam cara kerja pertahanan tubuh oleh sel darah putih. Sel darah putih ini tidak hanya terdiri dari satu jenis, tetapi juga jenis-jenis lain yang memiliki fungsi masing-masing.

allaboutbio mengatakan...

Menurut saya "entri" ini sudah lumayan lengkap dan sesuai dengan apa yang ada dibuku. Namun pada bagian "sistem peredaran darah", tidak ada penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan peredaran darah tertutup dan peredaran darah ganda. Dan juga tidak dijelaskannya apa yang terjadi jika golongan darah A yang memiliki aglutinogen A dan aglutinin B bertemu dengan golongan darah B yang memiliki aglutinigen B dan aglutinin A, dan begitu juga seterusnya.
"Kelvin Tanuwijaya"

Anonim mengatakan...

Menurut saya, bab sirkulasi darah ini cukup lengkap, sehingga saya menjadi mengerti tentang sistem sirkulasi secara jelas. Seperti peredaran darah kecil dan besar yang melewati 4 ruang di jantung dan juga dieedarkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah yang bermacam-macam. Selain itu saya juga menjadi tahu beberapa penyakit yang harus diperhatikan seperti kekurangan eritrosit, leukosit ganas, dll.

"Ricky Sumanto"

Anonim mengatakan...

Caroline:
Bab Sistem Sirkulasi telah membuat saya jadi lebih mengerti tentang bagian-bagian darah. Sebelumnya, saya telah mengetahui bahwa, darah mengandung plasma, leukosit, trombosit, eritrosit, namun saya belum sampai mengetahui lebih lanjut bagian-bagian dan jenis-jenis dari plasma, leukosit, trombosit, dan eritrosit tersebut. Setelah mendapatkan pelajaran ini, saya jadi tahu tentang semua itu.
Materi sistem sirkulasi menurut saya sangat penting untuk dipelajari. saya juga jadi tahu tentang aglutinin, aglutinogen, antigen. saya juga jadi mengerti adanya sistem limfatik dalam tubuh, karena selama ini, yang saya tahu hanyalah sistem sirkulasi utama melalui pembuluh darah biasa saja.

allaboutbio mengatakan...

Karina:
Materi sistem sirkulasi ini membuat saya menjadi lebih mengerti mengenai bagian-bagian dari darah dalam tubuh manusia. Bagaimana peredaran darah yang berjalan dalam tubuh kita. Saya juga jadi tahu banyak mengenai penyakit-penyakit yang dapat menyerang sistem sirkulasi manusia. Bagian mana saja yang diserangnya dan bagaimana cara menanggulanginya.

Anonim mengatakan...

Suharti:
Bab ini sangat penting untuk saya dalam mempelajari sel-sel dalam darah ,penyakit dalam system sirkulasi ,dan alat-alat peredaran darah .Selain itu ,saya dapat mempelajari bahwa darah dapat di campurkan yaitu antara golongan darah A,B,O,AB dan itu sangat berguna baik dalam mendonorkan darah maupun menstranfusi darah ketika seseorang mengalami kecelakaan yang cukup parah.

Posting Komentar